Ragam Pilihan Doa dalam Sholat



DOA SEBELUM WUDHU

بِسْمِ اللَّهِ

Dengan menyebut  nama Allah (aku berwudhu) (HR. Bukhari no. 69; Muslim no. 2279)

 

DOA SETELAH WUDHU

 

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. (HR. Muslim no. 234)

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci. (HR. At-Tirmidzi. Dishahihkan oleh Syeikh Al-Bani)

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِك أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا أَنْت استغفرك وَأَتُوب إِلَيْك

Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu (shahih, HR. An-Nasa’i)

 

DOA IFTITAH

 

 (Pilihan 1)

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun). (HR. Bukhari, no: 744, Muslim, no: 598)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

 سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، وَتَبارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ، وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ

Mahasuci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mu, Mahasuci nama-Mu, Mahatinggi kemuliaan-Mu, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain-Mu. (Shahih Tirmidzi: 1/77. Shahih ibnu Majah: 1/135)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفَاً وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلَاتِي، وَنُسُكِي، وَمَحْيَايَ، وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ. اللَّهُمَّ أَنْتَ المَلِكُ لَا إِلَهَ إِلَاّ أَنْتَ، أَنْتَ رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ، ظَلَمْتُ نَفْسِي وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبي جَمِيعَاً إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنوبَ إِلَاّ أَنْتَ. وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِها إِلَاّ أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا، لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَاّ أَنْتَ، لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ، وَالخَيْرُ كُلُّهُ بِيَدَيْكَ، وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ، أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ، تَبارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتوبُ إِلَيْكَ

Aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dengan memegagng agama yang lurus, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Demikianlah aku diperintahkan, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Ya Allah, Engkaulah Raja, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah Rabbku dan aku adalah hamba-Mu. Aku telah menzalimi diriku sendiri dan aku mengakui dosa-dosaku. Oleh karena itu, ampunilah dosa-dosaku semuanya. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

Tunjukilah aku kepada akhlak yang terbaik. Tidak ada yang dapat menunjukkan kepada akhlak yang terbaik kecuali Engkau. Hindarkanlah aku dari akhlak yang buruk. Tidak ada yang dapat menghalangi akhlak yang buruk kecuali Engkau.

Aku penuhi panggilan-Mu dengan senang. Kebaikan semuanya ada di tangan-Mu. Keburukan tidak disandarkan pada-Mu. Aku hidup dengan pertolongan dan rahmat-Mu. Engkau Mahasuci dan Mahatinggi. Aku memohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. (HR. Muslim: 1/534)

 

(Pilihan 4)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ، وَمِيْكَائِيلَ، وَإِسْرَافِيلَ، فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ. اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقيمٍ

Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata. Engkaulah yang menghukum di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang mereka perselisihkan. Tunjukilah aku kepada kebenaran yang diperselisihkan itu dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus. (HR. Muslim: 1/534)

 

(Pilihan 5)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرَاً، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيراً، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيراً، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثيراً، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثيراً، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثيراً، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ: مِنْ نَفْخِهِ، وَنَفْثِهِ، وَهَمْزِهِ

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Mahasuci Allah pada waktu pagi dan petang. (diucapkan 3 kali) Aku berlindung kepada Allah dari setan: dari hembusan dan tiupannya, dan dari bisikannya. (HR. Abu Dawud: 1/203. Ibnu Majah: 1/265)

 

(Pilihan 6)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَواتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمحَمَّدٌ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - حَقٌّ، وَالسّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ المُقَدِّمُ، وَأَنْتَ المُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَاّ أَنْتَ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ إِلَاّ أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَاّ بِاللَّهِ

Ya Allah, segala puji bagi-Mu, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah penjaga langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Tuhan langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah pemilik langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Raja langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkaulah Yang Mahabenar, janji-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah benar, dan hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertaubat, dengan pertolongan-Mu aku berdebat, dan kepada-Mu aku berhukum.

Maka ampunilah atas dosa-dosaku yang telah lalu, yang akan datang, yang aku sembunyikan, dan yang aku tampakkan. (Shahih Tirmidzi: 1/83)

 

(Pilihan 7)

Atau juga bisa membaca:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا ، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang (HR. Muslim 2/99)

 

(Pilihan 8)

Atau juga bisa membaca:

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, pujian yang terbaik dan pujian yang penuh keberkahan di dalamnya (HR. Muslim 2/99)

 

DOA RUKUK

(Pilihan 1)

سُبْحانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ

Mahasuci Tuhanku Yang Mahaagung. {Dibaca 3x} (Shahih Tirmidzi: 1/83)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي

Mahasuci Engkau, ya Allah, Tuhan kami, dan dengan memuji-Mu. Ya Allah, ampunilah aku. (HR. Bukhari: 1/99. Muslim: 1/350)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

سُبُّوُحٌ، قُدُّوسٌ، رَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ

Engkau Maha Suci, Maha Agung, Tuhan para malaikat dan Jibril. (HR. Muslim: 1/353)

 

(Pilihan 4)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، خَشَعَ لَكَ سَمْعِي، وَبَصَرِي، وَمُخِّي، وَعَظْمِي، وَعَصَبِي، وَمَا استَقَلَّتْ بِهِ قَدَمِي

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku rukuk, dan kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah diri. Tunduk kepada-Mu pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, dan syarafku, dan apa yang dipijak oleh kakiku. (HR. Muslim: 1/534)

  

(Pilihan 5)

Atau juga bisa membaca:

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ، وَالْمَلَكُوتِ، وَالْكِبْرِيَاءِ، وَالْعَظَمَةِ

Mahasuci Tuhan Yang Mahakuasa, Maharaja, Mahaagung, dan Mahabesar. (HR. Ahmad, no. 23980 dengan sanad hasan)

 

 

DOA BANGKIT DARI RUKUK 

(Pilihan 1)

سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Allah mendengar orang yang memuji-Nya. (HR. Ahmad, no. 23980 dengan sanad hasan)

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. (HR. Bukhari, no. 361. Muslim, no. 411)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ

Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. (HR. Bukhari, no. 796. Muslim, no. 409)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اللَّهُمَّ 

Ya Allah, ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. (HR. Bukhari, no. 796. Muslim, no. 409)

 

(Pilihan 4)

Atau juga bisa membaca:

 رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ  اللَّهُمَّ

Ya Allah, ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. (HR. Bukhari, no. 795. Muslim, no. 392)

 

(Pilihan 5)

Atau juga bisa membaca:

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ، حَمْداً كَثيراً طَيِّباً مُبارَكاً فِيهِ

Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu, pujian yang banyak, baik, dan penuh berkah. (HR. Bukhari dalam Fathul Bari 2/282)

 

(Pilihan 6)

Atau juga bisa membaca:

مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الأَرْضِ، وَمَا بَيْنَهُمَا، وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيءٍ بَعْدُ. أَهلَ الثَّناءِ وَالْمَجْدِ، أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ، وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ. اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَاأَعْطَيْتَ، وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ

Segala puji bagi Allah, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Engkau adalah pemilik pujian dan kemuliaan. Perkataan hamba itu adalah benar. Dan kami semua adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau larang. Dan tidak bermanfaat kebesaran bagi siapa pun di sisi-Mu. (HR. Muslim: 1/346)

 

(Pilihan 7)

Atau juga bisa membaca:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ، أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ، أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ، وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ، اللهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. Segala puji bagi Allah, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Engkau adalah pemilik pujian dan kemuliaan. Perkataan hamba itu adalah benar. Dan kami semua adalah hamba-Mu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau larang. Dan tidak bermanfaat kebesaran bagi siapa pun di sisi-Mu. (HR. Muslim, no: 477)

 

(Pilihan 8)

Atau juga bisa membaca:

اللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ، مِلْءُ السَّمَاوَاتِ، وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu. Segala puji bagi Allah, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. (HR. Muslim, no: 476)

 

DOA SUJUD

(Pilihan 1)

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى

Mahasuci Tuhanku Yang Mahatinggi. {dibaca tiga kali} (Shahih Tirmidzi: 1/83)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي

Mahasuci Engkau ya Allah, Tuhan kami, dan dengan memuji-Mu, ya Allah, ampunilah aku. (HR. Bukhari, no. 794. Muslim, no. 484)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

سُبُّوُحٌ، قُدُّوسٌ، رَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ

Engkau Maha Suci, Maha Agung, Tuhan para malaikat dan Jibril. (HR. Muslim: 1/533)


(Pilihan 4)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسنُ الْخَالِقينَ

Ya Allah, kepada-Mu aku bersujud, kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah diri. Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang telah membentuknya, dan yang telah menjadikan pendengaran dan penglihatannya. Mahasuci Allah, sebaik-baik Pencipta. (HR. Muslim: 1/534)

 

(Pilihan 5)

Atau juga bisa membaca:

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ، وَالْمَلَكُوتِ، وَالْكِبْرِيَاءِ، وَالْعَظَمَةِ

Mahasuci Pemilik kekuasaan, kerajaan, kebesaran, dan keagungan. (Dishahihkan Al-Bani dalam shahih Abu Dawud: 1/166)

 

(Pilihan 6)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ: دِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلَانِيَّتَهُ وَسِرَّهُ

Ya Allah, ampunilah semua dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, yang awal maupun yang akhir, yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. (HR. Muslim: 1/230)

 

(Pilihan 7)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقوبَتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, dan dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari diri-Mu, aku tidak mampu menghitung pujian kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri. (HR. Muslim: 1/352)

 

DOA DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD

(Pilihan 1)

رَبِّ اغْفِرْ لِي، رَبِّ اغْفِرْ لِي

Ya Tuhanku, ampunilah aku, Ya Tuhanku, ampunilah aku. (Shahih Ibnu Majah: 1/148)


(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاجْبُرْنِي، وَاهْدِنِي، وَارْزُقْنِي

Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah aku, tunjukilah aku, berilah aku rezeki. (Shahih, HR. Tirmidzi: 262)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاهْدِنِي، وَاجْبُرْنِي، وَعَافِنِي، وَارْزُقْنِي، وَارْفَعْنِي

Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, tunjukilah aku, perbaikilah aku, sehatkanlah aku, berilah aku rezeki, dan angkatlah derajatku. (Shahih Ibnu Majah: 1/148)


DOA TASYAHUD 

 (Pilihan 1)

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَواتُ، وَالطَّيِّباتُ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَاّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسولُهُ

Segala penghormatan, shalawat, dan kebaikan hanyalah milik Allah. Salam sejahtera atasmu wahai Nabi, dan rahmat Allah serta berkah-Nya. Keselamatan semoga terlimpah pula kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. (HR. Bukhari dalam Fathul Bari 2/311. Muslim: 1/301)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَواتُ، وَالطَّيِّباتُ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسولُهُ

Segala penghormatan, shalawat, dan kebaikan hanyalah milik Allah. Salam sejahtera atasmu wahai Nabi, dan rahmat Allah serta berkah-Nya. Keselamatan semoga terlimpah pula kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. (Shahih. HR. Abu Dawud, 971)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya. (HR. Muslim no. 403)

 

(Pilihan 4)

Atau juga bisa membaca:

التَّحِيَّاتُ الطَّيِّباتُ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ، السَّلامُ عَلَيْكَ أيُّهَا النَّبيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلامُ عَلَيْنا وَعلى عِبادِ اللَّهِ الصَّالحِينَ، أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ اللَّه وأنَّ محَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Segala penghormatan, kebaikan, dan shalawat hanyalah milik Allah. Salam sejahtera atasmu wahai Nabi, dan rahmat Allah serta berkah-Nya. Keselamatan semoga terlimpah pula kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. (HR. Muslim)

 

(Pilihan 5)

Atau juga bisa membaca:

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ ، الزَّاكِيَاتُ لِلَّهِ ، الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ ، الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Segala ucapan salam, doa, dan kebaikan adalah milik Allah. Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah Allah tercurahkan kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah Allah tercurahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. (Shahih, HR. Malik, 204)

 

(Pilihan 1)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya Allah, limpahkan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau berkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. (HR. Bukhari dalam Fathul Bari 6/408. Muslim, no. 306)


(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah limpahkan rahmat dan salam kepada keluarga Ibrahim. Dan berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim di alam semesta. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (HR. Muslim, 405)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْواجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ. إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya Allah, limpahkan shalawat kepada Muhammad, istri-istri, dan juga keturunannya, sebagaimana Engkau memberikan rahmat kepada keluarga Ibrahim. Berikanlah keberkahan kepada Muhammad istri-istri, dan juga keturunannya, sebagaimana Engkau memberkahi kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. (HR. Bukhari dalam Fathul Bari 6/408. Muslim: 1/306)


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka Jahannam, fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Al-Masih Al-Dajjal. (HR. Bukhari 2/102. Muslim: 1/312)

 

Kemudian boleh juga ditambah dengan doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْماً كَثِيراً، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنوبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي، إِنَّكَ أَنْتَ الغَفورُ الرَّحيمُ

Ya Allah, sesungguhnya aku sangat menganiayah diriku dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Oleh karenanya, ampunilah dosa-dosaku dan berilah rahmat kepadaku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (HR. Bukhari, 8/168 Muslim, 2078)


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, ampunilah dosaku yang lalu dan yang akan datang, amal yang aku rahasiakan dan aku tampakkan dan yang aku kerjalan berlebih-lebihan serta yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Engkau yang terdahulu dan yang terakhir, tiada Tuhan selain Engkau. (HR. Muslim, 1/534)

 

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبادَتِكَ

Ya Allah, bantulah aku untuk mengingatMu, bersyukur kepadaMu, dan beribadah dengan baik kepadaMu. (Shahih Abu Dawud, 1/284)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu surga dan aku berlindung kepadaMu dari neraka. (Shahih Ibnu Majah, 2/328)

  

(Pilihan 1)

Dengan mengucapkan ke kanan dan kekiri:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله

Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah kepadamu.

Berdasarkan hadits:

كان يسلم عن يمينه وعن شماله حتى يرى بياض خده: السلام عليكم ورحمة الله، السلام عليكم ورحمة الله

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengucapkan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri hingga terlihat putihnya pipi, seraya mengucapkan, "Assalamu 'alaikum wa rahmatullah, assalamu 'alaikum wa rahmatullah." (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa'i, At-Tirmidzi, dan dianggap sahih)

 

(Pilihan 2)

Dengan mengucapkan ke kanan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُه

Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah Allah terlimpah kepadamu.

Sedangkan ke kiri mengucapkan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله

Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah kepadamu.

Berdasarkan hadits:

فكان يسلم عن يمينه السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، وعن شماله السلام عليكم ورحمة الله

Dari Wail bin Hujr, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengucapkan salam dengan mengatakan "Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh" saat menggerakkan kepala ke arah kanan dan "Assalamu 'alaikum wa rahmatullah" saat menggerakkan kepala ke arah kiri. (Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam kitab Al-Bulughul Maram mengatakan bahwa sanadnya shahih)


(Pilihan 3)

Dengan mengucapkan ke kanan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله

Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah kepadamu.

Sedangkan ke kiri mengucapkan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

Semoga keselamatan terlimpah kepadamu. (HR. Ahmad dan An-Nasai)

 

-------

Sumampir, senja mengiringi matahari pergi dengan pelukan hangat.

Sabtu, 15 Rabiul Awal 1445 H/30 September 2023 M

Panewu Tunggul Alam

 

-------

 


Posting Komentar

0 Komentar