Rangkaian Doa Seputar Jenazah

 


Setelah takbir pertama, membaca surat Al-Fatihah

Setelah takbir kedua, membaca shalawat nabi:

(Pilihan 1)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya Allah, limpahkan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau limpahkan shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau berkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung. (HR. Bukhari dalam Fathul Bari 6/408. Muslim, no. 306)

 

(Pilihan 2)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah limpahkan rahmat dan salam kepada keluarga Ibrahim. Dan berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim di alam semesta. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. (HR. Muslim, 405)

 

(Pilihan 3)

Atau juga bisa membaca:

اللَّهُمَّ ‌صَلِّ ‌عَلَى ‌مُحَمَّدٍ ‌عَبْدِكَ ‌وَرَسُولِكَ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا باركت على إبراهيم وآل إبراهيم

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad sebagai hamba dan utusanMu sebagaimana Engkau telah limpahkan rahmat dan salam kepada keluarga Ibrahim. Dan berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim. (HR. Bukhari)

 

Atau dengan lafaz yang lebih pendek:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

 

Setelah takbir ketiga, membaca doa:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Ya Allah, ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.” (HR. Muslim no. 963)

 

Catatan: Do’a di atas berlaku untuk mayit laki-laki. Jika mayit perempuan, maka kata –hu atau –hi diganti dengan –haa. Contoh “Allahummaghfirla-haa warham-haa …”

 

Do’a khusus untuk mayit anak kecil:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لَنَا فَرَطًا وَسَلَفًا وَأَجْرًا

Ya Allah, jadikan kematian anak ini sebagai simpanan pahala dan amal baik serta pahala buat kami. (HR. Bukhari secara mu’allaq)

 

Setelah takbir keempat, membaca doa:

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّ بَعْدَهُ وَاغْفِرْلَناَ وَلَهُ

Ya Allah, jangan menghalangi kami untuk tidak memperoleh pahalanya dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya, ampunilah kami dan ampunilah dia.

Untuk mayit perempuan, kata –hu diganti –haa.


DOA MASUK PEMAKAMAN

السَّلَامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ، مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَإِنَّا، إِنْ شَاءَ اللهُ لَلَاحِقُونَ، أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Semoga keselamatan tercurah bagi penghuni (kubur) dari kalangan orang-orang mukmin dan muslim dan kami insya Allah akan menyusul kalian semua. Saya memohon kepada Allah bagi kami dan bagi kalian al-‘afiyah (keselamatan). (HR. Muslim no. 975)


BACAAN KETIKA MEMASUKKAN JENAZAH KE LIANG KUBUR

(Pilihan 1)

بِسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ

Dengan menyebut nama Allah dan di atas sunah Rasulullah. (HR. Abu Dawud, 3/314 dengan sanad yang Shahih)

(Pilihan 2)

Atau bisa mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُولِ اللهِ

Dengan menyebut nama Allah dan di atas agama Rasulullah. (HR. Ahmad dengan sanad yang Shahih)


DOA SETELAH PEMAKAMAN

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ثَبِّتْهُ

Ya Allah, ampuni dan teguhkanlah dia. (HR. Abu Dawud, 3/315 dishahihkan Hakim)


--------

Selesai disusun menjelang berbuka, Ahad 6 Ramadhan 1445 H/17 Maret 2024 M

Oleh: Panewu Tunggul Alam, Lc., M.A.

Posting Komentar

0 Komentar